Kamis, 10 Mei 2012

apa sih CBIS itu?


Wah CBIS itu apa yah,istilah sekarnag banyak yang bahasa inggris ya :),belajar bahasa inggris ya yg rajin hehehee, yuuu kita bahas tentang CBIS

Pengertian (CBIS)
Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS antara lain adalah data, informasi, sistem, sistem informasi dan berbasis komputer. Berikut penjelasan masing-masing istilah tersebut.
1. Data
     Data merupakan deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang kita hadapi.Jadi pada intinya,    data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi.
2. Informasi
         Informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna
bagi yang  menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat    digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.
    3. Sistem
Sistem merupakan entitas, baik abstrak maupun nyata, dimana terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait satu sama lain. Objek yang tidak memiliki kaitan dengan unsur-unsur dari sebuah sistem bukanlah komponen dari sistem tersebut.
 Sistem Informasi
           Sistem Informasi merupakan sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang   dimiliki antar subsistemnya,sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.
     Berbasis Komputer
           Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting  dalam sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.

 Sub Sistem dari Sistem Informasi Berbasis Komputer 
           Salah satu dari sub sistem dari sistem informasi berbasis komputer yaitu sistem pakar. Menurut Martin dan Oxman (1988) sistem pakar adalah sistem yang berbasis komputer yang menggunakan pengetahuan, fakta, dan teknik penalaran dalam memecahkan masalah yang biasanya hanya dapat dipecahkan oleh seorang pakar dalam bidang tersebut (Kusrini, 2006:11).
         Edward Feigenbaum (1982) mendefinisikan sistem pakar sebagai suatu program komputer cerdas yang menggunakan knowledge (pengetahuan) dan prosedur inferensi untuk menyelesaikan masalah yang cukup rumit yang membutuhkan seorang ahli untuk menyelesaikannya (Arhami, 2005:2).
        Dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa sistem pakar adalah sebuah perangkat lunak komputer yang memiliki basis pengetahuan untuk domain tertentu dan menggunakan penalaran menyerupai seorang pakar dalam memecahkan masalah. Sistem pakar adalah salah satu jalan untukmendapatkan pemecahan masalah secara lebih cepat dan mudah.
         Dengan sistem pakar, seseorang yang awam pun dapat menyelesaikan masalah yang cukup rumit atau bisa juga hanya sekedar mencari informasi berkualitas yang sebenarnya hanya bisa diperoleh dengan bantuan para ahli. Sistem pakar juga dapat membantu aktifitas pakar, yang difungsikan sebagai assisten yang berpengalaman dan mempunyai pengetahuan yang dibutuhkan.
         Sistem pakar merupakan sebuah terobosan dalam mengambil dan memadukan pengetahuan dengan  teknologi. Dalam penyusunannya, sistem pakar mengkombinasikan aturan-aturan penarikan kesimpulan (inference rules) dengan basis pengetahuan tertentu yang berasal dari pengalaman maupun penelitian satu atau lebih pakar dalam bidang tertentu. Kombinasi dari kedua hal tersebut kemudian diolah dalam komputer, yang selanjutnya digunakan dalam proses pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah tertentu.
 1. Karakteristik Sistem Pakar
a.       Memiliki kemampuan belajar atau memahami masalah dari pengalaman.
b.      Memberikan tanggapan yang cepat dan memuaskan terhadap situasi baru.
c.       Mampu menangani masalah yang kompleks (semi terstruktur).
d.      Memecahkan masalah dengan penalaran.
e.       Menggunakan pengetahuan untuk menyelasaikan masalah.

2. Bagian Sistem Pakar
           User Interface, adalah bagian yang memungkinkan manajer mamasukan instruksi dan informasi ke dalam dan menerima informasi dari sistem pakar.
a. Input terdapat empat metode yaitu
              • Menu
• Commands
• Natural Languange
• Customized Interfaces
          b. Output Sistem Pakar , antara lain:
              • Penjelasan dari pertanyaan
              • Penjelasan dari penyelesaian masalah
c.  Knowledge Base, adalah bagian yang memuat fakta-fakta yang menjelaskan area masalah, dan juga  teknik menerangkan masalah yang menjelaskan bagaimana fakta-fakta tersebut cocok satu dengan yang  lain dalam urutan yang logis. Istilah problem domain digunakan untuk menjelaskan area masalah.
d.  Interference Engine, adalah bagian dari sistem pakar yang melakukan penalaran dengan menggunakan isi. knowledge base berdasarkan urutan tertentu. Selama konsultasi, interference engine menguji aturan-aturan satu persatu dan ketika kondisi benar naka satu tindakan diambil.
 e.  Development Engine, adalah alat yang digunakan untuk menciptakan sistem pakar, dalam hal ini dua alat yang biasa digunakan adalah bahasa pemrograman dan ES shell.

3. Langkah-langkah Pembuatan Sistem Pakar 
    a. Mengidentifikasi masalah dan kebutuhan
    b. Menentukan problema yang cocok
    c. Mempertimbangkan alternatif
    d. Menghitung pengembalian investasi
    e. Memilih alat pengembangan
    f. Merekayasa pengetahuan
    g. Merancang sistem
    h. Melengkapi pengembangan
    i. Menguji dan mencari kesalahan sistem
    j. Memelihara sistem
Contoh Sistem Pakar
1. XSEL, Sistem pakar yang bertindak sebagai asisten penjual di agen penjualan komputer DEC, yang membantu pelanggan memilih komputer yang sesuai dengan kebutuhannya.
2. MYCIN, Sistem pakar yang dikembangkan di Stanford University tahun 19870-an dengan tujuan membantu petugas medis dalam mendiagnosa penyakit yang disebabkan bakteri.
3. PROSPECTOR, Sistem yang diciptakan Richard Duda, Peter Hard, dan Rene Reboh tahun 1978 yang menyediakan kemampuan seorang ahli geologi.


Daftar Pustaka
Anonim. 2011. Pengertian Computer Based Information System (CBS). Diakses pada tanggal 8 April 2012, dari http://www.perpuskita.com
Cakming. 2011. Konsep Dasar Sistem Pakar. Diakses pada tanggal 8 April 2012, 
         dari  http://www.cakming.com/konsep-dasar-sistem-pakar/
 


1 komentar:

  1. Salam Sukses buat kakak...

    Di blog kakak kok ga ada link Gunadarmanya ya..?
    hmm... tolong di cantumkan ya kak, biar menandakan mahasiswa Gunadarma.. :)

    ::Pesan BAPSI

    BalasHapus