Minggu, 17 Oktober 2010

Karakteristik Kelompok 2

Kelompok Efektif dan Tidak Efektif

Kelompok referensi adalah sebuah konsep yang mengacu pada suatu kelompok yang individu atau kelompok lain dibandingkan. Sosiolog memanggil kelompok yang individu digunakan sebagai standar untuk mengevaluasi diri dan perilaku mereka sendiri kelompok rujukan. Kelompok referensi digunakan untuk mengevaluasi dan menentukan sifat karakteristik individu atau kelompok lain yang diberikan dan atribut sosiologis. Ini adalah kelompok yang individu berhubungan atau bercita-cita untuk berhubungan dirinya sendiri secara psikologis. Hal ini menjadi bingkai individu dari referensi dan sumber untuk memesan kognisi nya pengalaman, persepsi,, dan ide diri. Hal ini penting untuk menentukan diri seseorang-identitas, sikap, dan ikatan sosial. Hal ini menjadi dasar acuan dalam membuat perbandingan atau kontras dan dalam mengevaluasi penampilan seseorang dan kinerja.

Referensi kelompok memberikan tolok ukur dan kontras yang diperlukan untuk perbandingan dan evaluasi kelompok dan karakteristik pribadi. Robert K. Merton hipotesis bahwa individu membandingkan diri dengan kelompok referensi dari orang-orang yang menempati peran sosial yang bercita-cita individu.
" "[Referensi kelompok adalah] kelompok yang orang lihat ketika mengevaluasi[sendiri] kualitas mereka, keadaan, sikap, nilai dan perilaku." - William Thompson & Hickey Yusuf, Society in Focus, 2005. "
Referensi kelompok bertindak sebagai kerangka acuan mana orang selalu mengacu untuk mengevaluasi pencapaian mereka, kinerja peran mereka, aspirasi dan ambisi. Sebuah kelompok referensi bisa baik dari keanggotaan grup atau kelompok non-keanggotaan. Contoh dari kelompok referensi yang digunakan akan menjadi penentuan kemakmuran. 

Sumber :
http://kuliah.dagdigdug.com/2008/07/12/prinsip-dasar-komunikasi-dalam-kelompok/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar